Aplikasi

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Meeting secara online menjadi kebutuhan yang tidak bisa dihindari di tengah pandemi virus corona. Sementara orang-orang lebih suka bertemu klien mereka secara offline hanya beberapa bulan yang lalu, sejumlah besar profesional kini telah memilih solusi online untuk tetap terhubung di tengah penguncian yang diberlakukan di seluruh dunia.

Pada saat yang sama, ada banyak sekolah dan lembaga pendidikan yang mulai menggunakan aplikasi konferensi video untuk terhubung dengan siswa mereka secara virtual. Zoom hadir sebagai salah satu aplikasi populer untuk menjalankan meeting secara online. Salah satu alasan di balik populernya aplikasi ini adalah karena fleksibilitasnya, dimana dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti Windows atau Mac.

Selain itu, Zoom juga menawarkan fitur seperti kemampuan untuk bergabung dalam rapat melalui browser Web dan berbagi layar kamu dengan hingga 100 peserta. Semua itu menjadikannya pilihan yang menarik melawan aplikasi serupa seperti Google Hangouts Meet dan Microsoft Teams.

Zoom tersedia untuk pengguna seluler dan desktop. Peserta juga dapat terhubung dengan penyelenggara rapat Zoom mereka langsung dari browser Web.

Selanjutnya, aplikasi Zoom memungkinkan kamu menambahkan hingga 100 peserta ke satu rapat, dan jumlah itu dapat bertambah hingga 500 anggota menggunakan add-on Rapat Besar. Tentu saja, baru-baru ini, beberapa masalah privasi muncul yang berdampak pada semakin suksesnya aplikasi Zoom secara global.

Tim pengembang, bagaimanapun, telah mengklaim bahwa mereka telah mulai memberikan semua perhatiannya untuk meningkatkan privasi. Ini pada akhirnya dapat menjadikan Zoom solusi yang lebih kuat untuk rapat virtual.

Karena itu, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana kamu harus memulai dengan Zoom. Pada artikel ini kami menyediakan panduan langkah demi langkah tentang cara menggunakan aplikasi Zoom di komputer atau laptop kamu.

kamu juga dapat men-download aplikasi Zoom terbaru untuk komputemu langsung dari situs resmi sebelum memulai tutorial pada artikel ini.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

cara-menggunakan-aplikasi-zoom
Join ke meeting di Zoom

Berikut carauntuk bergabung dengan rapat Zoom di dikomputer Windows atau Mac,

  1. Luncurkan aplikasi Zoom di komputer kamu.
  2. Sekarang, tekan tombol Gabung Rapat dari layar default.
  3. Layar pop-up akan muncul yang meminta kamu untuk memasukkan ID Rapat atau Nama Tautan Pribadi untuk bergabung dalam rapat. kamu juga dapat mengubah nama kamu dari layar itu dan mengaktifkan atau menonaktifkan opsi untuk menyambung ke audio kamu dan menampilkan video kamu.
  4. Sekarang kamu harus menekan tombol Gabung dari layar untuk bergabung ke rapat.

Zoom juga memungkinkan pengguna bergabung ke rapat menggunakan web browser tanpa harus mengunduh aplikasinya di komputer mereka. Jadi yang perlu kamu lakukan dalam kasus seperti itu hanyalah membuka tautan yang diberikan ke rapat, browser kamu akan menampilkan halaman tempat kamu akan mendapatkan url untuk berabung dari browser kamu. kamu kemudian akan mendapatkan layar dari mana kamu hanya perlu memasukkan nama kamu untuk bergabung dalam rapat. Penting untuk dicatat bahwa tautan Gabung dari browser kamu disediakan dari sisi host, dan tidak tersedia untuk semua rapat.

Jika kamu memiliki akun Zoom, kamu dapat mengikuti langkah-langkah ini untuk bergabung ke rapat Zoom. Masuk memberi kamu lebih banyak opsi.

  1. Buka aplikasi Zoom di komputer kamu.
  2. Sekarang, klik tombol Masuk untuk masuk dengan akun kamu yang sudah ada. kamu juga dapat mendaftar dengan menekan tautan Daftar Gratis yang tersedia di layar Masuk. Atau, kamu dapat menggunakan kredensial Single sign-on (SSO) yang ada atau menggunakan akun Google atau Facebook yang sudah ada.
  3. Setelah masuk, kamu dapat bergabung dengan rapat Zoom yang ada dengan mengklik tombol Gabung dari layar berkamu.

Sebuah pop-up akan muncul di layar kamu yang akan meminta kamu untuk memasukkan ID Rapat atau Peronal Link Name. kamu juga dapat menambahkan nama kamu di layar yang akan terlihat oleh penyelenggara rapat tersebut dan peserta lainnya. Selanjutnya, kamu dapat mematikan video atau audio dengan mengklik kotak centang yang disediakan.

Aplikasi sekarang akan menghubungkan kamu dengan rapat.

Cara Membuat Meeting di Zoom Windows atau Mac

cara-membuat-meeting-di-zoom
Membuat meeting di Zoom

Berikut langkah-langkah cara membuat meeting di Zoom dengan cepat.

  1. Buka aplikasi Zoom di komputer kamu.
  2. Sekarang, klik tombol Masuk jika kamu belum masuk.
  3. kamu akan mendapatkan layar berkamu dari mana kamu harus mengetuk tombol Rapat Baru. kamu juga akan memiliki opsi untuk menonaktifkan video dengan mengeklik ikon ke bawah di bawah tombol Rapat Baru.
  4. Setelah kamu mengklik tombol, Zoom akan memuat layar yang akan memberi kamu rincian seperti Topik Rapat, Nama Host, Kata Sandi, Kata Sandi Numerik untuk sistem telepon dan kamar, URL Undangan, dan ID Peserta. kamu juga dapat mengundang orang lain dari layar yang sama. Demikian pula, opsi untuk membagikan layar kamu juga akan disediakan.
  5. Setelah selesai dengan rapat, kamu dapat mengklik tombol Akhiri Rapat untuk mengakhirinya. Sebuah kotak dialog akan muncul di layar dari mana kamu dapat mengklik Akhiri Rapat untuk Semua untuk mengakhirinya bagi semua peserta. kamu juga dapat meninggalkan rapat dan menjadikan orang lain sebagai tuan rumah dengan menekan tombol Tinggalkan Rapat dari dialog pop-up. Ini akan melanjutkan percakapan di antara para peserta, sementara kamu dapat keluar.

kamu juga dapat merekam percakapan atau mengobrol dengan peserta. Aplikasi ini juga menyediakan kontrol untuk membisukan audio atau menonaktifkan video saat menyelenggarakan rapat. Selanjutnya, kamu akan dapat melihat jumlah peserta rapat kamu langsung dari layar host kamu.

Cara Menjadwalkan Zoom Meeting di Windows dan Mac

cara-menjadwalkan-meeting-di-zoom
Menjadwalkan Meeting di Zoom

Berikut merupakan langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk cara menjadwalkan zoom meeting,

  1. Buka aplikasi Zoom di komputer kamu.
  2. Masuk ke aplikasi menggunakan email dan password kamu atau kamu dapat membuat akun baru.
  3. Sekarang, kamu akan mendapatkan layar berkamu dari mana kamu perlu mengklik tombol Jadwalkan untuk menjadwalkan rapat.
  4. Aplikasi akan menampilkan layar pop-up yang memungkinkan kamu memasukkan topik rapat terjadwal, memilih tanggal dan waktu yang sesuai, membuat kata sandi, dan memilih opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan rapat bagi pengguna telepon atau komputer.
  5. Setelah kamu mengisi semua detail, kamu akan memiliki opsi untuk mengatur iCal, Google Calendar, atau undangan kalender lainnya.
  6. Sekarang, kamu perlu menekan tombol Jadwalkan untuk menjadwalkan rapat kamu.
    Rapat yang telah kamu jadwalkan akan terlihat di layar berkamu aplikasi Zoom kamu. kamu juga dapat memeriksa semua rapat mendatang atau mengakses rekaman rapat yang ada dengan membuka tab Rapat.

Untuk memberikan kemudahan yang lebih, Zoom juga menyediakan ekstensi browser untuk Google Chrome dan Mozilla Firefox. Ekstensi ini berfungsi untuk menjadwalkan meeting Zoom tanpa menggunakan aplikasi yang harus kamu install. Namun, kamu masih memerlukan aplikasi untuk berpartisipasi dalam rapat yang sudah ada atau mengadakan rapat baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button