Panduan Untuk Pengonversi Tegangan TV, VCR, dan DVD

Saat bepergian ke luar negeri, perbedaan voltase di sekian banyak negara mesti dipertimbangkan andai Anda hendak membawa serta TV, VCR, atau pemutar DVD Anda. Untungnya, terdapat produk laksana TV, VCR, dan konverter tegangan DVD untuk mempermudah bepergian dengan dagangan ini.

Bagaimana Konverter Tegangan Bekerja

Konverter tegangan, tidak jarang disebut transformator tegangan, memungkinkan kita untuk memakai TV 110v, VCR, atau pemutar DVD dengan outlet 220v atau sebaliknya. Konverter step down bakal menurunkan tegangan dari 220v ke 110v (atau rentang tegangan lainnya) sedangkan step up converter akan mendongkrak tegangan dari 110v ke 220v (atau rentang tegangan lainnya).

Kapan kita Membutuhkan Konverter Tegangan?

Konverter atau transformator tegangan dibutuhkan saat bepergian ke negara beda di mana tegangan standar bertolak belakang dari standar yang dipakai di negara kita sendiri. Jika negara kita mempunyai standar 110 volt dan negara yang bakal Anda kunjungi mempunyai standar 220 volt, maka Anda membutuhkan konverter 110v ke 120v. Jika sebaliknya benar, Anda membutuhkan konverter volt 220v ke 110v. Beberapa negara menawarkan kedua tegangan, dalam urusan ini kita tidak membutuhkan konverter tegangan.

TV dan Pengonversi Tegangan


Jika membawa TV Anda, ingatlah bahwa bentuk monitor untuk memperlihatkan acara televisi seringkali bertolak belakang di negara lain. Televisi menciptakan gelombang saat dihidupkan, jadi pilihlah konverter tegangan TV yang lebih powerful daripada watt yang diperlihatkan di unsur belakang perlengkapan TV Anda.

Meskipun konversi voltase memungkinkan televisi bermanfaat dengan baik, ia tidak akan menciptakan formatnya kompatibel. Format Amerika Utara untuk TV dinamakan NTSC. Mode lain laksana mode PAL yang dipakai di Eropa tidak kompatibel dengan televisi yang dirancang untuk mode NTSC. Jadi, konverter tegangan plus TV multi-sistem barangkali diperlukan.

VCR dan Pemutar DVD untuk Bepergian


Bepergian dengan VCR dan pemutar DVD pun dapat merepotkan andai Anda mempunyai model yang lebih lama. Versi yang lebih lama barangkali tidak bermanfaat dengan sejumlah format televisi di luar negeri, dan tidak sedikit model (lama atau baru) bisa jadi membutuhkan transformator tegangan untuk beroperasi. Periksa bentuk pemutar Anda untuk meyakinkannya sesuai dengan bentuk perangkat televisi yang tersedia. Juga, cari tahu tegangan negara yang bakal Anda kunjungi.

Setelah dicolokkan, VCR dan pemutar DVD dapat dipakai untuk menyaksikan rekaman video dan DVD dari negara Anda, tetapi barangkali bukan yang dari negara lain. Seperti halnya TV, ada sekian banyak format yang dipakai di semua dunia untuk kaset video dan DVD laksana NTSC dan PAL.

Model-model baru VCR dan DVD yang dinamakan multi-sistem, bebas kode, atau area bebas memungkinkan kita untuk menyaksikan film dari negara kita atau dari negara yang kita kunjungi. Juga, sejumlah mesin yang lebih baru akan mengolah tegangan secara otomatis, jadi tidak perlu untuk konverter tegangan dengan ini.

Regulator Tegangan


Regulator tegangan beraksi sebagai konverter tegangan dan stabilisator tegangan. Ada dua jenis regulator - Servo dan Relay. Regulator tipe Servo menstabilkan tegangan dengan menyesuaikan konverter atau transformator dengan tegangan keluaran yang diinginkan. Ini menyerahkan tegangan sangat tepat dan bagus untuk wilayah dengan mata duit tegangan tidak stabil. Regulator tipe Relay bekerja secara elektronik dan tidak setepat tipe Servo.

Sebelum kita pergi, cari tahu jenis bentuk dan konverter tegangan yang kita perlukan untuk TV, VCR, atau pemutar DVD Anda. Jika bermukim di hotel, telepon atau kirim email ke petugas hotel untuk mengoleksi informasi yang kita butuhkan. Kemudian, pergi online untuk melakukan pembelian barang adaptor plug-end, konverter tegangan, atau bahkan multi-sistem baru atau kode cuma-cuma TV, VCR atau pemutar DVD untuk kesukaan Anda!

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel