3 Pintar Cara Menangani Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti Bekerja

Sistem UI merupakan bagian service bawaan dari OS android yang mengatur kinerja pada smartphone. Apabila sistem ui telah berhenti bekerja atau crash maka otomatis terdapat eror pada bagian firmware gadget kamu. Salah satu penyebab yang bisa terjadi disaat permasalahan ini muncul yakni menginstall aplikasi launcher.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih dapat tentang cara mengatasi sayangnya sistem ui telah berhenti agar kinerja gadget menjadi normal dengan semula. Salah satu cara yang cukup terbukti yakni dengan melakukan factory reset namun hal ini akan berdampak cukup buruk.

Salah satunya semua data yang tersimpan pada gadget android kamu akan hilang. Mulai dari foto, video atau file-file lainnya. Lantas bagaimana mengatasi sayangnya sistem ui telah berhenti? Tenang saja tentu saja ada cara lainnya yang lebih aman.

Menangani Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti

Simak informasi tentang cara menangani masalah unfortunately system ui has stopped berikut ini:

Sebelum ke bagian tipsnya, mari simak penyebab kenapa terjadi permasalahn sistem ui telah berhenti bekerja. Ada beberapa faktor diantaranya sebagai berikut:

1. Baru saja menginstall aplikasi launcher tanpa memperhatikan nasib android karena aplikasi akan menggantikan kinerja service bawaan yang ada pada gadget.
2. Melakukan update firmware bisa menyebabkan masalah ini karena biasanya ada beberapa data yang corrupt pada cache android.

Tips Mengatasi Sayangnya Sistem UI Telah Berhenti Berkerja

  • Cara Pertama
Untuk tips pertama yakni dengan melakukan uninstall aplikasi. Maksudnya adalah jika muncul notifkasi tentang Proses com.android.systemui terhenti setelah menginstall suatu aplikasi contoh saja aplikasi launcher maka kamu harus segera menguninstallnya.
  • Cara Kedua
Jika notifikasi atau pop up Proses com.android.systemui terhenti masih muncul maka kamu bisa membuat kondisi smartphone menjadi safe mode. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan yang membuat eror pada sistem ui terhenti. Cara melakukan booting safe mode cukup mudah yakni dengan mematikan gadget anda contoh saja Galaxy 6. Kemudian tekan dan tahan tombol power hingga muncul logo Samsung Galaxy S6 edge" telihat.

Dari sini kamu segera lepas tombol power tadi dan segera tekan dan tahan tombol volume down atau tombol yang biasanya mengecilkan volume. Tetap tekan tombol volume down hingga restart selesai. Nah dari sini akan muncul beberapa pilihan pilihlah tulisan Safe Mode pada bagian pojok kiri bawah lalu lepaskan tombol.
  • Cara Ketiga
Tips lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi munculnya pop up sayangnya sistem ui telah berhenti yakni dengan menghapus system cache. Karena file ini rentan akan corrupted apabila melakukan update firmware. Cara menghapus file ini cukup mudah dengan mematikan smartphone lalu tekan tiga tombol yakni tombol volume up, power dan home.

Setelah itu lepaskan tombol power tersebut setelah hp android bergetar. Setelah itu lepasskan tombol volume up dan home apabila layar telah muncul Android System Recovery.  Pilih wipe cache partion dengan menekan tombol volume download dan power untuk mengeksekusinya. Tunggu hingga selesai dan restart kembali gadget kamu.

Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara mengatasi sayangnya sistem ui telah berhenti. Nantikan tips-tips lainnya yang tentunya lebih menarik untuk disimak.