Simak, Cara Partisi SD Card Dengan Cepat Dan Mudah

Cara Partisi SD Card dengan BantuanMinitool Partition Wizard – Didalam smartphone pasti ada sebuah ruang penyimpanan yang dapat kita gunakan secara maksimal, jenis ruang penyimpanan ini ada 2 yaitu memory eksternal dan juga memory internal. Seringkali dengan banyaknya aplikasi yang kita gunakan dan data foto/video dan file-file lainnya yang berharga berkumpul akan secara otomatis masuk kedalam memory internal.

Dan dapat mengakibatkan memory internal ini habis, sehingga mau tidak mau kita harus menambah daya simpan dengan menggunakan memory ekternal. Jika ini tidak dilakukan dapat saya pastikan smartphone Android Anda akan lemot dan sebagainya, karena memang kurangnya spase untuk bergerak.

Simak, Cara Partisi SD Card  Dengan Cepat Dan Mudah

Nah kalau pun kita melakukan bantuan memory eksternal pun juga ada sebuah kendala yaitu kita harus memindahkan ribuan file kedalam memory eksternal baru, agar memory internal lebih sedikit, ya kalau datanya cuma seribu, kalau lima ribu gimana, atau sampai sepuluh ribu gimana, kan perlu waktu juga kan.

Baiklah untuk mengatasi hal ini sebenarnya mudah, didalam aplikasi Android terdapat sebuah aplikasi yang mana dapat mengubah peran memory eksternal kita menjadi memory internal, artinya SD card kita akan dikenal oleh Android sebagai memory internal.

Sehingga kinerja dari Android kita dapat maksimal, dan nilai plus lainnya adalah kita tidak perlu pusing-pusing memindahkan file-file tersebut atau lebih parah lagi kita menjual smartphone untuk membeli hp lainnya dengan spase memory internal luas.

Nah jika Anda penasaran bagaimana caranya yuk simak ulasan kami berikut ini ya, selamat mencoba.

Cara Partisi Kartu Memory SD Card dengan menggunakan aplikasi Minitool Partition Wizard Di PC


  1. Install terlebih dahulu Aplikasi Minitool Partition Wizard nya
  2. Kemudian sambungkan memory eksternal SD Card ke PC Anda
  3. Sebelum itu pastikan semoga data telah di backup
  4. Lalu jalankan aplikasi Minitool Partition Wizardnya 
  5. Pilih SD Card lalu klik kanan dan pilih Move/Resize
  6. Gunakan Partisi FAT32
  7. Selanjutnya buat partisi EXT2 yang akan berfungsi sebagai memory internal tambahan, klik kanan dpada disk yang Unallocated dan kemudian pilih opsi Create
  8. Dengan begitu kita telah membuat 1 partisi FAT32 dan sisa memory akan menjadi Unallocated
  9. Lalu buat partisi EXT2 yang akan berfungsi menjadi memory internal tambahan dengan klik kanan lalu pilih Unallocated, kemudian pilih opsi Create 
  10. Jika langkah pertama hingga akhir ini sudah selesai diikuti secara benar maka klik “Apply” dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Baiklah demikian Cara Partisi SD Card  Dengan Cepat Dan Mudah yang dapat kami sampaikan semoga artikel ini dapat bermanfaat buat kita semua ya, sampai jumpa dan terimakasih.