Tips Pintar Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Diuninstall

Cara Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Diuninstall - Saat membeli smartphone android maka kamu akan menemukan berbagai aplikasi default bawaan dari sistem operasinya yakni mulai dari galeri, camera, contact, email, dan lainnya. Nah, tentu saat aplikasi-aplikasi tersebut tak dapat diuninstall atau dihapus. Jika masih ingin menghapusnya, maka harus melakukan root terlebih dahulu.

Lantas kenapa sih aplikasi bawaan dari OS android tak dapat dihapus? Hal ini disebabkan oleh para pengembang gadget memberikan fungsi advance pada aplikasi-aplikasi tertentu. Nah, fungsi dari advance diharuskan untuk memberikan hak akses pada bagian device administrasi di menu pengaturan gadget. Untuk itu kamu kesulitan saat ingin menghapus aplikasi bawaan.

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas lebih dalam tentang cara menghapus aplikasi di android yang tak bisa dihapus dengan dua tips. Sebelum membahasnya lebih lanjut, perlu diperhatikan bahwa tips ini hanya untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang terdapat pada pihak ketiga, bukan untuk uninstall aplikasi seperti galery, message, dan aplikasi bawaan lainnya. Sebagai contohnya mimin akan melakukan uninstall aplikasi bernama Assistive Touch yang telah diinstall dan didownload dari google play store:
  • Melalui Administrator Perangkat
cara menghapus aplikasi di android yang tidak bisa dihapus

Untuk cara pertama saat menghapus aplikasi android dengan mematikan atau menonaktifkan bagian administrator yang ada di gadget android. Caranya sebagai berikut:
  1. Pertama kalian pergi ke bagian menu setting atau pengaturan lalu tap safety & privacy.
  2. Lalu pilih bagian Device Administrator dan di dalamnya akan muncul beberapa aplikasi yang hendak di hapus dengan menonaktifkan pengaturan yakni pilih Deactivate. Pastikan check berwarna biru telah hilang. Hal ini bertujuan untuk aplikasi di pihak ke tiga seperti assistive touch dapat diuninstall.
  3. Jika dua langkah diatas telah dilakukan maka pergi ke setting lalu aplikasi managemen dan lakukan force stop dan sekarang sudah dapat melakukan uninstall pada aplikasi assistive touch.
  • Melalui Factory Reset
menghapus aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus

Untuk cara kedua menghapus aplikasi android yakni dengan bantuan factory reset. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga dimana aplikasi tertentu biasanya terdapat malware atau virus dan hanya dapat dihapus dengan bantuan factory reset.

Cara ini cukup beresiko karena dapat menghapus semua data-data yang tersimpan pada aplikasi lainnya seperti whatsapp, BBM, line dan lainnya. Untuk itu sebelum melakukan factory reset usahakan sudah dilakukan backup data dulu.

Untuk langkah-langkahnya bisa disimak dibawah ini:
  1. Pergi ke bagian settings lalu cari personal dan tap. Maka kamu akan menemukan menu Backup & reset.
  2. Pada bagian ini pilihlah Factory Data Reset dan akan muncul notifikasi peringatan yang disuruh backup data. Setelah itu klik Reset Device.
  3. Tunggu hingga prosesnya selesai, maka gadget android kamu akan kembali seperti semua atau setelan pabrik seperti baru beli.
Itulah informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara menghapus aplikasi di android yang tidak bisa dihapus yang bisa kami sampaikan. Nantikan tips lainnya yang tidak kalah seru untuk disimak, sampai jumpa.