Tips Cerdas Cara Mengatasi Touchwiz Depan Terhenti Di Android (Samsung)

Solusi Pintar Cara Mengatasi Touchwiz Depan Terhenti Di Smartphone Android – Sebagaimana kita ketahui bersama, Touchwiz adalah sistem antarmuka (interface) bawaan dari HP Samsung, fungsi ini cukup vital dalam penggunaannya, karena aplikasi ini adalah aplikasi launcher bawaan smartphone Android miliki Samsung.

Dalam pengoprasiaanya sistem TouchWiz tidak selamanya berjalan dengan lancar, ada kendala yang sering terjadi yaitu aplikasi ini tiba-tiba berhenti dan muncul pesan pop up “Sayangnya, TouchWiz Depan Telah Berhenti” Atau kalau smarphone Anda bersetting bahasa Inggris akan keluar seperti ini “Unfortunately, Touchwiz Home Has Stopped”.

Tips Cerdas Cara Mengatasi Touchwiz Depan Terhenti Di Android (Samsung)

Masalah ini sangatlah menjengkelkan apabila Anda memiliki pekerjaan banyak dan mobilitas tinggi sehingga kegiataan anda akan terganggu.

Biasanya masalah TouchWiz ini muncul karena masalah aplikasi tertentu yang terinstall di HP kita, lalu Tumpukan Cache Android yang menganggu sistem aplikasi, atau bisa juga karena memory ram penuh dan adanya ketergesahan dalam menyentuh layar android.

Nah untuk mengatasi TouchWiz ini ada beberapa tips buat Anda dirumah, seperti apa itu, yuk simak ulasan kami berikut ini:

Cara mengatasi TouchWiz Depan Terhenti Secara Tiba-Tiba


  • Hentikan dan Hapus Data Touchwiz Di Home
Untuk pertama-tama kita bisa lakukan yaitu dengan menghentikan Aplikasi TouchWiz secara paksa dan kita harus menghapus data TouchWiz itu sendiri, cara ini bermaksud agar settingan TouchWiz akan kembali seperti sedia kala (default),  berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka Pengaturan >> Aplikasi >> Tab Semua >> Cari TouchWiz Home >> Berhenti Paksa >> Hapus Data

  • Reboot Smartphone Android Samsung Anda
Setelah melakukan cara diatas maka kita coba untuk merestart atau mereboot Android kita agar semua sistem Android dapat berjalan dengan lancar.

  • Install Aplikasi Laouncher Lainnya
Setelah kita melakukan cara pertama dan kedua, tapi ternyata belum berhasil maka cobalah untuk menginstall aplikasi launcher yang bisa mendukung fitur TouchWiz ini, seperti S Launcher, Go Launcher, S Launcher For Galaxy, TouchWiz Killer dan banyak lagi.

  • Factory Reset Android
Ini adalah cara terakhir jika ke 3 cara diatas belum berhasil yaitu kita kembalikan semua pengaturan ke mode awal (default) sesuai pabrikannya, caranya yaitu

Buka Pengaturan >> Pilih  “Akun”> Cadangkan dan reset.

Semoga cara-cara diatas dapat mengatasi masalah Anda ya, semoga artikel ini yang membahas mengenai Cara Mengatasi “Sayangnya Touchwiz Depan Telah Berhenti” Di Android dapat bermanfaat buat Anda semua, sampai jumpa di artikel selanjutnya dan terimakasih.